Search This Blog

Wednesday, March 2, 2011

Alko Berupaya Atasi Kendala Mental


JAKARTA, (PRLM).- Tim voli putri Bandung Alko berupya mengatasi kendala mental untuk tampil optimal pada seri kedua Sampoerna Hijau Voli Proliga 2011 di Gresik, Jawa Timur, 25-27 Februari mendatang.
Pelatih Bandung Alko Gugi Gustaman menuturkan persaingan di seri-seri berikutnya akan semakin ketat, untuk itu dirinya mengaku akan mengatur poin sebagai salah satu strategi untuk pertandingan di seri-seri berikutnya. Pada seri Gresik nanti, satu-satunya wakil Jawa Barat ini kembali akan melakoni satu kali pertandingan melawan Bontang LNG Badak.
"Kami akan memperbaiki kekurangan tim yang ditemukan pada seri perdana kemarin. Untungnya masih banyak waktu untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Karena baru di seri ketiga permainan akan lebih padat," imbuhnya di Jakarta usai melakoni laga perdana mereka di Hall A Gd. Basket GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu.
Kendala terbesar menurut Gugi sebenarnya bukan pada faktor teknis, namun lebih pada mental para pemainnya yang tergolong para pemain muda. Dengan kisaran usia yang dimiliki pemainnya, 23-17 tahun, Gugi menilai timnya masih membutuhkan sosok pemain senior sebagai mentor.
"Dengan rentanan usia seperti ini, sulit rasanya menemukan pemimpin dalam tim yang bisa memberikan motivasi tambahan. Rasanya akan berbeda jika tim memiliki pemain senior, dia bisa memantu memompa semangat tim yang didominasi pemain muda. Karena dengan kombinasi pemain muda ini, susah kalau sudah 'drop' sulit mereka untuk bisa naik lagi performanya," katanya kemudian.
Sebenarnya menurut Gugi, Bandung Alko awalnya memiliki sosok pemain senior Siti Nurjanah, tapi ternyata ketika kompetisi dimulai Siti memutuskan untuk memperkuat tim lain. "Tapi tidak masalah, mumpung masih seri-seri awal jadi pemain harus bisa memetik pelajaran dulu. Pahitnya dulu baru manisnya kemudian, biar anak-anak semakin mengerti dan matang dalam permainan," kata Gugi. (A-161/A-26).***

No comments:

Post a Comment